Home / Berita / Haflah Aqidatul Awam Dihelat Awal Juni

Haflah Aqidatul Awam Dihelat Awal Juni

Sembilan firqoh (kelompok) telah dipersiapkan untuk tampil pada haflah Aqidatul Awam dan Tuhfatul Athfal awal Juni (3 Juni 2011) mendatang. Dengan rincian, 4 firqoh ‘Aqidatul Awam putra dan 2 firqoh aqidatul awam putri, serta 2 firqoh tuhfatul athfal putra dan 1 firqoh tuhfatul athfal putri.

Menyambut hari pelaksanaan, setiap firqoh kini tengah berlatih serius. Dipandu oleh pengurus OSIM (Organisasi Santri Intra Madin), seluruh calon khotimin itu berlatih setiap malam selasa dan jum’at. Dan setiap sore selain hari jum’at untuk calon khotimat.

Kitab Wajib Pesantren

Bagi kalangan pesantren, nama kitab aqidatul awam tentu tak asing lagi. Kitab karangan Sayyid Ahmad bin as-Sayyid Ramadhan al – Marzuqi al – Hasani al Husaini ini seakan menjadi menu wajib bagi pelajaran tauhid di setiap Pondok Pesantren.

Kitab  gubahan berisi 57 syair ini umumnya dijadikan pijakan pertama pendidikan tauhid bagi setiap santri di Pondok dan masyarakat. Sembari menunggu pengajian atau sebuah pertemuan dimulai, para santri dan masyarakat kerap mendendangkan syair aqidatul awam secara bersama-sama.

Kitab yang selesai dikarang mushannifnya pada tahun 1258 H, hingga hari ini masih tekun dipelajari oleh umat Islam. Maha suci Allah yang mengabulkan doa pengarangnya, sebagai mana tercantum pada sebuah bait diakhir kitab.

وأسأل الكريم إخلاص العمل          ونفع كل من بها قد اشتغل

Pengarangnya, Syaikh Ahmad al-Marzuqi dilahirkan di Simbath tahun 1205 H. dan wafat di Makkah sekitar tahun 1281 H.

(JA).

About Tim Redaksi

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

3 comments

  1. amien,,,,,,,,,,,,
    maju truz madin ,,,,,,,,,,

  2. Semoga MADIN tetap jaya…..

  3. Asslamu’alaikum,
    Alhamdulillah saya mendapat kemanfaatan yang luar biasa dari hafalan Aqidatul Awam. Alhamdulillah khataman yang pertama (pada saat saya jadi OSIM 2005) telah berkembang luar biasa pada saat ini. Meskipun dahulu kami belum bisa khataman dengan disimak santri di depan umum, kami turut berbangga karena perjuangan kami menyelenggarakan Khataman Aqidatul Awam di depan umum kini telah berkembang dengan pesat atas bimbingan bapak kepala madin pak Agus dan pengurus (mba Qumil, mas Hanif, dkk) serta kerjasama pengurus OSIM