Home / Berita / HAFLAH AKHIRUSSANAH DAN KHOTMIL QUR’AN 2018

HAFLAH AKHIRUSSANAH DAN KHOTMIL QUR’AN 2018

alhikmahdua.net- Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 pada tanggal 10 – 12 Mei 2018 telah menyelenggarakan Haflah Akhirussanah dan Khotmil Qur’an yang diikuti oleh seluruh santri, hari pelaksanaan dibagi menjadi tiga hari dikarenakan begitu banyaknya jadwal yang harus dilaksanakan, hari pertama pelaksanaan tanggal 10 Mei diawali dengan pra acara yang diisi oleh grup sholawat Darul Misbah dan dilanjutkan pembukaan serta pembacaa Ayat Suci Al-Qur’an dan Sholawat yang dilantunkan oleh Gus Aji dari Tegal Kota, acara dilanjut dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Al-Hikmah dan Syubbanul Wathon. Kemudian acara dilanjutkan dengan Sambutan ketua Panitia oleh saudara Alvin Nur Rohman dan dilanjut pembukaan Haflah Akhirussanah dan Khotmil Qur’an oleh ketua Madrasah Diniyah Ust. Agus Masqon.

Acara dilanjut dengan penampilan penampilan para khotimin dan khotimat nadzom Tuhfathul Athfal yang terdiri dari 3 Firqoh Tuhfathul Athfal Putra dan 4 Firqoh Tuhfathul Athfal Putri kemudian disambung dengan penampilan Firqoh ‘Aqidatul ‘Awwam yang jumlahnya sama dengan Firqoh Tuhfathul Athfal. Acara diselingi dengan sesi tanya jawab yang pesertanya dari para Khotimin dan Khotimat. Sesi tanya jawab ini bertujuan untuk menguji para peserta oleh para wali santri sebagai tolak ukur seberapa penguasaan keilmuan para peserta tentang nadzom yang dihafalkan. Acara hari pertama pun ditutup dengan pagelaran santri yang dibawakan oleh santri putri tingkat SLTP.

Dilanjut hari kedua dengan melanjutkan penampilan Firqoh ‘Aqidatul ‘Awwam dan diakhiri sengan sesi tanya jawab kembali. Kemudian acara berpindah ke acara Khotmil Qur’an yang dimulai sekitar pukul 11.00 WIB. Acara Khotmil Qur’an diawali sambutan oleh pembina Pon. Pes. Al-Hikmah 2 KH. Achmad Siddiq, kemudian disambung dengan do’a tawassul yang dipimpin oleh KH. Izzudin Masruri. Penampilan Khotmil Qur’an dibagi menjadi dua firqoh yaitu Firqoh Juz ‘Amma dan Firqoh Binnadzor, untuk firqoh Binnadzor terdiri dari 5 firqoh Binnadzor Putra dan 8 firqoh Binnadzor Putri, sementara untuk firqoh Juz ‘Amma terdiri dari 7 firqoh Juz ‘Amma Putra dan 8 firqoh Juz ‘Amma Putri. untuk penutup hari kedua ditutup dengan acara Al-Hikmah 2 bersholawat bersama Habib Umar Bafaqih dari Sokaraja.

Hari terakhir pelaksanaan Khotmil Qur’an diisi oleh khotimin dan khotimat Juz ‘Amma sekaligus do’a yang dipimpin oleh KH. Athoillah dan do’a khotmil Qur’an oleh para khotimin dan khotimat, kemudian acara disambung dengan sambutan dari Majelis Pengasuh KH. Sholahuddin Masruri dan acara terakhir yaitu Mauidhoh Hasanah yang sampaikan oleh Habib Hamid Al Atthas dari Tegal.

About Ulil Abshor

Leave a Reply

Your email address will not be published.