Home / Berita / BELAJAR DAN MENGAJAR

BELAJAR DAN MENGAJAR

Oleh Dr.KH.Ahmad Najib Afandi

Benda,alhikmahdua.net-Dalam Masa menuntut ilmu tak dipungkiri bahwa  “Riyadoh”adalah fitamin penting bagi santri(tolibul ilmi)

(pengertian riyadoh) Riyadohnya santri serta orang tua akan sangat membantu bobot sebuah ilmu seorang santri dimasa itu dan dimasa yang akan datang.

Hendaknya orang tua turut mendukung ,mendoakan anak,mendoakan guru/kiyai dari sianak,sebagai bentuk riyadohnya orang tua terhadap tumbuh kembang sianak dalam belajar.begitu yang dikutip dari penuturan Dr.KH.Ahmad Najin Afandi.

Lanjut beliau”seorang anak  yang sedang belajar khusunya dipondok pesantren jika dia turut di fatehain(didoakan)oleh orang tuanya atau sebaliknya orang tua tidak pernah mengirimkan fatihah, itu akan kelihatan perbedaanya,bahkan sebuah tanaman sekalipun akan tumbuh berbeda antara tanaman yang difatihain dan yang tidak difatihain.apalagi santri yang jelas jelas sedang belajar ilmu agama yg mulia,dan pastinya jelas sangat membutuhkan sebuah doa atau riyadoh dari orang tuanya.

Abah Najib juga berpesan”santri hendaknya untuk tidak lelah mengaji dan mulang ngaji dimanapun dan kapanpun.

Beliau sangat menyayangkan jika ada santri yang sudah “lulus”(keluar) dari pondok pesantren kok hanya menyibukkan diri pada urusan dunia saja.alangkah baiknya sambil mulang dan terus mulang.

“ilmu tidak begitu saja selesai dengan hanya stempel selesai “lulus dari sekolah atau pondok”namun lebih dari itu santri masih mempunyai kewajiban”Ta’lim Watta’alum”

Ingat! Bahwa seseorang “belum bisa dikatakan “Alim”kalau dia belum belajar”dan hendaknya santri ketika lulus atau sudah keluar dari pondok pesantren untuk tetap “Mulang” sebagai bentuk Khidmah kepada Guru (Kiyai),khidmah kepada ilmu,khidmah kepada orang tua,serta bentuk khidmah kepada pondok pesantren.

“jangan sampai sudah punya ilmunya tapi tidak diamalkan”pungkas beliau.

Tulisan ini bersumber dari penyampaian yang disampaikan Abah Najib saat khataman imrity dan alfiyah 2019 di GOR ponpes alhikmah2

About Ulil Abshor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *