Home / Khazanah / Beda Tarawih dan Tahajud

Beda Tarawih dan Tahajud

Apa bedanya shalat tarawih dan shalat tahajud di bulan ramadhan ?

(AM, Mendal Sirampog)

Shalat tahajud adalah shalat yang dilakukan di malam hari setelah diawali dengan tidur., maksudnya shalat di tengah malam yang sebelumnya sudah dilakukan tidur. Karena itu tahajud ada di sepanjang tahun. Tidak tertentu dengan bulan-bulan atau malam-malam tertentu.

 Berbeda dengan tarawih ini qiyamu ramadhan, shalat sunnah pada bulan ramadhan yang waktunya mulai setelah shalat isya’. Jadi tahajud dan tarawih berbeda.

Tarawih sendiri setelah isya’, kemudian tidur, nah nanti malam shalat itulah shalat tahajud, shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah tidur dikala orang-orang umumnya tidur. Jadi itu berada di setiap malam sepanjang tahun.

Jelas berbeda shalat tarawih, jadi ketika bulan ramadhan, tarawihnya ya berjalan tahajudnya ya berjalan. Artinya tetap dua-kedunya disunnahkan.

 —disadur dari dialog interaktif bersama KH. Mukhlas Hasyim MA

About Pondok Pesantren Al -Hikmah 2

Pondok Pesantren Al Hikmah 2 berlokasi di dusun Benda Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Jawa Tengah. Membuka beragam unit Pendidikan mulai dari tingkat TK, MI, SMP, MTs, SMA, MA, SMK, MMA, Ma'had Aly, STAIA, AKPER serta Tahfidzul Qur'an. Informasi Lebih Lanjut, Hubungi Kami di (0289) 511 0772 / 432 445

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.