Home / AKPER

AKPER

Praktikum Mahasiswa Akper
Praktikum Mahasiswa Akper

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Terakreditasi BAN-PT  dan DEPKES

Sekapur sirih

Yang kami banggakan Sdr.Lulusan SMA,SMK,MA

Assalamu’alikum warahmatuallahi wabarokatuh ,Direktur dan selurauh civitas Akademi keperawatan (AKPER) AL Hikmah sengucapkan ‘’Selamat dan sukses  ’’ atas keberhasilan saudara dalam menyelesaikan studi di  SMA,SMK,MA dengan prestasi yang terbaik.

Bagi saudara yang ingin  melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, kami mengundang saudara untuk bergabung dengan AKPER  AL Hikmah 2 guna mewujudkan masa depan lebih baik  dan martabat.

Akedemi kpeperawatan Al hikmah 2 memiliki komitme untuk menjadi Perguruan Tinggi yang memiliki daya  saing. Untuk itu AKPER AL Hikmah 2 memiliki motto “Commit to Qualiti” sebagai pertanggung jawaban publik atau akutabilitas yang di amankan kepada AKPER AL Hikmah 2. Guna  meningkatkan kopetensi bagi lulusanya , AKPER AL Hikmah 2, menjalani sama kemitraan  dengan berbagai Rumah Sakit baik Negri  maupun Swasta serta puskesmas yang ada di wilayah Brebes dan sekitarnya. Dengan kerja sama ini di harapkan lulusan AKPER AL Hikmah 2 memiliki kopetensi yang memadai sehingga mampu berkarya di masyarakat serta dapat diterima oleh pengguna (lapangan kerja).

Alhamdulilah hingga madiri ini,AKPER AL Hikmah 2 mempunyai kampus yang konduktif dengan fasilitas yang lengkap guna menunjang proses perkuliahan yang berkwalitas.

Demikianlah undanagan ini kami kami sampaikan kepada saudara  dan insya Allah  saudara akan kami berikan layanan yang terbaik.

Wassalamu’alaikaum Warahmatullahi Wabarakatu.

 

Brebes ,september 2017

Direktur

 

Dr.H.zunzan Arif Budi Santoso,mm

 

LATAR BELAKANG

Dalam satu kesempatan acara halal bihalal walimahasiswa Akademi Keperawatan Al Hikmah bersama Pengasuh dan Bupati Brebes, Agung Widiyantoro, SH.MSI, kamis (22/09). Pengasuh Pondok Pesantren, Abah KH. Moch. Masruri Abdul Mughni menuturkan sejarah berdirinya Akademi Perawatan Pondok Pesantren Al Hikmah 2.

Abah menceritakan, ketika itu di medio tahun 1997, karena gerah, satu waktu Abah dirujuk kerumah sakit Harapan Kita di ibukota Jakarta. Di rumah sakit kenamaan itu, Abah dirawat bersama dua belas pasien lain dalam satu ruangan. Sepuluh orang pasien muslim dan dua orang non muslim.

Tapi yang menarik kemudian, kata Abah, dua orang non muslim inilah yang justru mendapat besukan tersering dan terbanyak bila coba dibandingkan dengan sepuluh pasien muslim di ruangan itu.

Pasalnya si non muslim tadi, ternyata tak hanya dibesuk oleh sanak keluarganya semata, tapi secara rutin para biarawan dan biarawati turut datang menjenguk si non muslim. Sengaja para biarawan ini datang sekedar untuk melipur hati si lara sekaligus mendoakan si sakit dengan nyanyian-nyamyian doa agama mereka.

Melihat kejadian ini, sontak hati Abah pun bergemuruh, kenapa bila si pasien non muslim saja bisa rutin dikunjungi dan terus diberi motivasi melalui nyanyian-nyanyian agama mereka, kenapa si muslim tidak bisa. Abah pun kemudian berazm kuat sekembalinya nanti dari perawatan ke Pondok Pesantren, membangun Akademi Keperawatan Al Hikmah.

Cita-cita Abah atas pendirian Akper sebagaimana terekam dalam visi Akper sendiri yakni mencetak perawat yang profesional, berakhlaqul karimah dan mampu bersaing di era globalisasi.

Mewujudkan visi ini, berbagai langkah pun diterapkan pesantren dan civitas akademis . Selain menekankan pada pengembangan keilmuan terapan kesehatan, para mahasiswa dan mahasiswi Akper ini juga mendapat bimbingan langsung dari Pengasuh Pesantren melalui pengajian kitab kuning. Para mahasiswa juga diwajibkan menyetorkan hafalan beberapa surat dalam Al Qur’an seperti surat Yasin.

Visi

Perawat profesional yang berakhlaqul karimah dan mampu bersaing di era globalisasi

Misi

  • menyelenggarakan pendidikan perawat yang berkualitas untuk memenuhi kebutuhan perawat dalam negri.
  • Membetuk sumber daya manusia kesehatan yang islami.
  • Membeli alumni dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta iman dan taqwa (IMTAQ).
  • Berpartisitasi aktif dalam mewujudkan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani.

 Tujuan

Akper  AL HIKMAH 2 bertujuan untuk menghasilkan tenaga perawat yang profesional dan berakhlaqul karimah. Sesuai dengan visi dan misi yang diemban. Akper  AL HIKMAH 2 memililki komitmen yang kuat bagi terciptanya tenaga-tenaga perawat profesional yang berakhlaqul karimah dan mampu yang bersaing di era globalisai. Pengguasan Bahasa Inggris,bahasa jepang dan teknolagi informasi merupakan gerbang terciptanya visi dan misi di luar prinsip dasar profesionalisme keperawatan. Untuk kedua al tersebut kami menaruh perhatian yang besar melalui program spesifikasi bahasa inggris dan pendidika komputer, di samping program kepesantrenan mahasiswa.

Sarana Prasarana

Akper  AL HIKMAH 2 memiliki tenaga pendidikan yang profesional serta sarana dan prasarana  yang mewadai meliputi :

  • Gedung perkuliahan mandiri.
  • keperawatan,lab.komputer,lab.bahasa.
  • Perpusatkan
  • Asrama mahasiswa putra.
  • Asrama mahasiswa putri.
  • Sarana ibadah.
  • Busana kerja.
  • Sarana olahraga

Kurikulum

AKPER ALHIKMAH 2 menyelenggarakan program pendidikan  Dll melalui sistem kredit semesteran (SKS) dengan bobot 110 SKS ditambah dengan muatan lokal.

Praktek Lapangan

Untuk mencapai keterampilan keperawatan sesuai denagn kopetyensinya yang di harapkan  AKPER AL Hikmah 2 menjalani kerja sama (MoU) denagn berbagai rumah sakit antara lain Rumah sakit Islam Harapan  Anda Tegal,RSUD dr.soesilo Slawi,RS Bhakti asih brebes,RSUD brebes, Rumah sakit Jiwa Daerah dr.soejarwadi Klaten ,Runah Sakit Mumammadiyah Siti Aminah Bumiayu, RSI PKU Muhammadiyah Singkil Tegal, dan seluruh puskesmas di wilayah brebes.

Persyaratan 

  • WNI
  • Lulusan SMA/SMK/MA semua jurusan
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tingi badan minimal : 150 cm (pi),155 cm (pa)

Ketentuan lain

  • Menyerahkan fotocopy ijazah/surat keterangan lulus/raport Semester V  yang telah dilegalisir
  • Pas photo berwaran terbaru ukuran 4×6 4 lembar
  • Biaya pendaftaran glombang pertama gratis
  • Fotocopy KK terbaru 2 lembar

Informasi & waktu pendaftaran 

  • Kemampuan AKPER  AL Himah 2,komplek ponpes Al Hikmah 2, Benda-sirampog-brebes.tel./fax.(0289) 4314097
  • Contak person panitia : Slamet wijaya,S.kep (081321372314) , Ana maulina,SKM (085641131313),Umdatuzzahiedah Romas,S.Sos (083861613454)
  • Waktu pendaftaran mulai : bulan Februari 2018

Beasiswa

  • PPA dari KOPERTIS Wil.VI Jawa Tenggah
  • BBM dari KOPERTIS Wil.VI Jawa Tenggah
  • Beasiswa dari dinas pendidikan Jawa Tenggah
  • Beasiswa Prestasi dari AKPER AL Hikmah 2 Brebes

Sistem Pendaftaran

  • One Day Servis ( test seleksi,penggumuman hasil test, & registrasi dlam satu hari )
  • Test secara kolektif ( liat jadwal)

Materi test

  1. Bahasa inggris
  2. Bahasa indonesia &
  3. Tes potensi

 Jadwal Tes

no Gelombang Pendaftaran test penggumuman Registrasi
1 Utama 1 februari- 10 maret 2018 11maret 2018 14 maret 2018 18-24 maret 2018
2 Gelombang 1 11 matret – 2 juni 2018 3 juni 2018 6 juni 2018 9-23 juni 2018
3 Gelombang II 6 juni- 25 Agustus 2018 26 Agustus 2018 29 Agustus 2018 1-8 september 2018

 

LULUSAN LANGSUNG KERJA

Biaya terjangkau dan dapat di angsur

 

Informasi Lebih Lanjut Hubungi :

 

www.Akperalhikmah.net

hkmhperawat@yahoo.co.id

Komplek ponpes al hikmah 2

Benda-Sirampog-Brebes (52272)

TEL./FAX. (0289) 4314097

Leave a Reply

Your email address will not be published.