artikel santriHeadlineSantri Menulis

Mahabbah jadi kunci: Menyimak Kisah Alumni Muallimin Al-Hikmah 2 yang disebut mirip Babah Najib

Rizqi Asfianudin Alumni Madrasah Muallimin Muallimat Al-Hikmah 2 yang kini melanjutkan studinya di Universitas Islam Negeri Saifuddin Zuhri Purwokerto (UIN SAIZU) sering disebut mirip dengan Gus Najib Afandi mantan kepala Madrasah Muallimin Muallimat Al-Hikmah 2.

“Tentu sangat merasakan kemiripan karena memang sering disampaikan. Tapi kemiripan yang dimaksud itu sudah jelas kemiripan dalam segi retorika berdakwah”. Ungkap Rizqi saat wawancara pada Selasa, 19 September 2023.

Abah Najib yang mengetahui keikutsertaan Rizqi dalam lomba Da’i, mengakui secara langsung adanya kemiripan retorika dakwah Antara keduanya. Meski memiliki kemiripan retorika, Rizqi tetap memilih menjadi dirinya sendiri secara kepribadian dan hanya menerapkan sifat-sifat Abah Najib yang masih relevan dengan dirinya.

Rasa kecintaan Rizqi terhadap Abah Najib, menjadi salah satu faktor yang  tanpa disengaja merubah Rizqi dalam segi retorika dakwah yang sebelumnya lebih berorientasi pada retorika KH.Zainudin MZ.

Keaktifan Rizqi dalam dakwah di media sosialnya, merupakan salah satu bentuk penerapan sifat yang ditanamkan Abah Najib kepada para santri, yaitu ngaji dan mengajar setelah keluar dari pondok pesantren. Menurut pendapat Rizqi, hal tersebut merupakan bentuk khusus dari pengamalan hadist yang artinya “sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain”.

Ia mengungkapkan, kecintaan terhadap Abah Najib timbul sejak awal perjalanannya sebagai santri baru. Seperti santri baru pada umumnya, ia pernah merasa tidak betah dan berkeinginan untuk pindah. Namun, Kehadiran Abah Najib  dalam salah satu pengajian, berhasil membuat hati Rizqi terpukau pada kalimat demi kalimat yang beliau sampaikan kala itu. Rasa kecintaannya bertambah setelah pengajian demi pengajian yang ia ikuti. Hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat istimewa baginya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also
Close
Back to top button