Home / Berita / Kak Kus Totalitas Latih Dongeng Guru TK Se-Brebes Selatan

Kak Kus Totalitas Latih Dongeng Guru TK Se-Brebes Selatan

Pelatihan mendongeng yang diselenggarakan oleh Bumi Hijau dan Al Hikmah 2 berlangsung Senin (14/03) selesai Selasa (15/03) tadi, narasumber Ki Kusumo Priyono menggugah totalitas semangat peserta menjadi pendongeng, metode pelatihan yang dibawakan kak Kus jelas, ceria dan menghibur.

Pelatihan 20% teori dan 80% praktik sangat disukai oleh peserta yang terdiri dari guru perwakilan sekolah TK dan PAUD se-Brebes Selatan, “acaranya senang sekali juga banyak ilmunya”, papar ibu Fety perwakilan TK Aisyah. Hal yang membuat peserta menikmati acara tersebut, kak Kus sangat rapih dalam menyampaikan pelatihanya. Kak Kus memberikan tanda ketika pergantian sesi, seperti membunyikan bel dan lagu kenangan ketika diawal atau di akhir acara.

Menurut kak Kus, bagi seorang pendongeng bahasa lisan saja tidak cukup, perlu adanya bahasa tubuh yang harus kita latih. Dalam hal ini, peserta diajarkan senam tubuh berdurasi sekitar 15 menit lamanya dan langsung dipimpin oleh kak Kus. Senam tersebut berasal dari lima macam negara, dan kak Kus belajar langsung di negara aslinya, seperti tarian Sufi dari Turki, tari Buchae dari Jepang dan tari lainya yang berasal dari negara asia.

“Mendongeng itu bercerita mendidik yang mengajari sesuatu tanpa kesan menggurui,” pengertian mendongeng ala si raja dongeng yang pernah bersekolah di Amerika Serikat. Bagi kak Kus mendongeng sudah hal biasa, akan tetapi kak Kus berusaha mendongeng yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Bagi pemula, mendongeng perlu keberanian dan mempunyai tekad kuat untuk bisa.

Abah Solah menyampaikan, mendongeng agar tidak salah pengartian, oleh itu perlu memilih cerita yang mudah dan lebih bermanfaat bagi pendengarnya.

Kak Kus datang bersama asistenya mas Rahmat, pemuda asli Banyumas dan juga jadi fotografer, sebelum ke Al Hikmah, kak Kus mengisi workshop pelatihan mendongeng juga di kota Purwokerto.

About Firman

One comment

  1. dongeng memang bisa menjadi media belajar yang menarik,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *